«

»

Jun 08

Eidur Gudjohnsen: Ikon dan Sesepuh dalam Kepingan Terakhir Timnas Islandia

Eidur Gudjohnsen: Ikon dan Sesepuh dalam Kepingan Terakhir Timnas Islandia

Eidur Gudjohnsen: Ikon dan Sesepuh dalam Kepingan Terakhir Timnas Islandia

Agen Bola Casino ,Eidur Gudjohnsen akan rasakan kiprah di Piala Eropa berbarengan tim nasional Islandia. Dialah patron untuk sepakbola di negara Nordik yang di kenal sebagai Land of Fire and Ice itu.

Islandia sudah bikin histori dengan maju ke putaran final Piala Eropa. Mereka jadi runner-up dibawah Republik Ceko serta sudah singkirkan Turki serta Belanda yang memiliki kebiasaan lebih oke dalam sepakbola Eropa. Bahkan juga mereka sukses menaklukkan Belanda 2 x.

Federasi sepakbola Islandia (KSI) memanglah sudah bikin revolusi dalam membenahi sepakbolanya. Tidak cuma bangun sarana yang sesuai dengan keadaan alam negaranya namun mereka juga membuat barisan pelatih dengan cara serius.

” Semasing kampung seperti berlomba untuk memiliki pelatih bagus serta sarana mencukupi untuk anak-anak. Semasing kampung itu bangga apabila dapat menelorkan pemain bagus, ” kata asisten pelatih timnas Islandia, Heimir Hallgrimsson, seperti diambil Sport Vice.

Namun, tak pada bebrapa th. terlebih dulu. Islandia yaitu negara dengan timnas yang hanya jadi penggembira di turnamen-turnamen se-Eropa. Negara mereka lebih di kenal sebagai negeri destinasi wisata daripada prestasi sepakbolanya. Air terjun, menguber aurora, snorkeling di musim dingin,, serta gunung-gunung raksasa yang berselimut salju hanya sebagian diantara destinasi unggulan yang di tawarkan Islandia.

Terkecuali revolusi yang di buat KSI, ada satu sosok utama yang menggairahkan sepakbola di Islandia. Dia bekas pemain Chelsea yang sempat juga bermain untuk Bolton Wanderers, Tottenham Hotspur seagai pemain utang, Stoke City, serta Fulham. Diluar itu, dia pernah mengenakan seragam Barcelona, Monaco, serta AEK Athens. Dia juga menjelajah ke Cercle Brugge lalu kembali pada Bolton serta mencicipi liga China, Shijiazhuang Ever Bright. Dia yaitu Gudjohnsen.

Ya, Gudjohnsen, seorang dari satu negara yg tidak tenar sepakbolanya, dengan cuma mempunyai empat bln. sebagai saat ideal untuk mengadakan sepakbola, sudah menunjukkan dapat menembus bebrapa club papan atas liga top dunia. Siapa yang tidak di inspirasi olehnya?

” Anak-anak saat ini memiliki Eidur Gudjohnsen sebagai role jenis, sebagai ikon. Sosoknya begitu menolong. Dia sudah menunjukkan pada beberapa pemain lain masalah kepercayaan bila tak ada yang mustahil, ” kata Magnus Magnusson, seseorang agen pemain seperti diambil Sport Vice.

2ab9202c-ac3b-4794-9686-05a46341052e_169

Gudjohnsen tidak cuma sukses memantik hasrat anak-anak Islandia untuk jadi pemain bola. Namun, dia sekalian memanen berhasil pribadinya di Piala Eropa 2016 ini, saat dia berumur 37 th.. Dia jadi satu diantara penggawa Strakarnir Okkar (Our Boys) –julukan timnas Islandia–dalam arena yang bakal dihelat mulai akhir minggu ini di Prancis.

Ya, usianya tidak lagi muda waktu bermain di Piala Eropa pertamanya. 15 September kelak dia berusia 38 th.. Gudjohnsen bahkan juga sudah mengambil keputusan pensiun dari timnas pada November 2013 sesudah Islandia tidak berhasil melaju ke putaran final Piala Dunia 2014 selesai ditaklukkan Kroasia. Namun lalu dia di panggil lagi pada Maret 2015.

Baca Juga : Meski Rindu Barcelona, Pedro Senang Bermain Bersama Chelsea

Selama ini Gudjohnsen sudah mencatatkan 84 caps berbarengan Islandia serta sudah menggunakan saat sepanjang 20 th. berbarengan timnas.

Namun, Gudjohnsen tidak jadi anak emas serta lolos automatis menuju Prancis. Pelatih timnas Islandia, Lars Lagerback, pernah memberi ancaman tidak bakal memasukkan Gudjohnsen ke Piala Eropa.

” Bila hingga bln. Januari dia tidak juga memperoleh club, jadi dia tidak bakal masuk dalam daftar pemain timnas, ” kata Lagerback seperti diambil BBC.

Jalan terbuka untuk Gudjohnsen. Mulai sejak bln. Februari dia berlabuh di satu diantara kub di liga Norwegia, Molde.

Walau telah termasuk juga dalam umur sepuh sebagai pemain sepakbola, Gudjohnsen masihlah memberi peran penting dalam babak kwalifikasi Piala Eropa. Dia menyumbangkan satu gol dalam saat itu.

Kurun waktu paling akhir penyerahan daftar nama pemain ke Piala Eropa 2016, Lagerback memasukkan nama Gudjohnsen. Namanya jadi kepingan paling akhir yang tutup kesempatan lain untuk pemain-pemain yang lebih muda.

” Dengan memasukkan pemain berumur 37 th. ini, banyak duit bertanya tak adakah pemain muda yang layak. Namun, menurut saya, Gudjohnsen yaitu sosok yang sudah membesarkan pamor sepak bola Islandia sendirian sepanjang bertahun-tahun, ” papar Lagerback.

Menilik karir sepakbolanya, profesinya itu tak diawali dengan cara mendadak. Bisa disebut Gudjohnsen memanglah lebih mujur daripada pesepakbola lain di Islandia yang saat itu masihlah seringkali dibicarakan sebagai destinasi wisata daripada tim nasional sepakbolanya. Dia lahir di dalam keluarga yang mendidiknya jadi pemain bola. Gudjohnsen mempunyai bapak yang sekalian pelatih dengan pemahaman sepakbola didalam serta diluar lapangan dengan mumpuni.

Ayahnya, Arnor Gudjohnsen, seseorang pemain legendaris Islandia, yang pernah bermain untuk Anderlecht di liga Belgia serta Bordeaux, satu club Prancis. Arnor yaitu pemain dengan caps paling banyak ketujuh serta topskorer ke empat di timnas. Satu atmosfer yang untungkan untuk Gudjohnsen kecil yang di saat itu tidaklah gampang untuk temukan pelatih sepakbola berkwalitas. Sampai dalam perjalannya, Gudjohnsen-lah yang menggeser posisi sang bapak jadi topskorer timnas Islandia.

Saat ini kondisi telah betul-betul tidak sama. Dia memperoleh pelatih bagus di seantero Islandia–dari kota hingga ke desa–amatlah gampang. Saat ini, Islandia bukanlah lagi di kenal sebagai negara dengan destinasi wisata yang indah. Islandia sudah mempunyai tim nasional sebagai satu diantara kontestan Piala Eropa.

Tinggal hitungan hari, Gudjohnsen berbarengan timnas Islandia akan memerankan kiprah mereka di Piala Eropa.